SEMINAR TEKNIS BERSAMA PT CEVA ANIMAL HEALTH
Dipublikasikan pada 2014-10-01

Wonokoyo menggandeng PT. Ceva Animal Health menggelar seminar teknis tentang Oxidative stress dan penyakit Gumboro. Seminar ini digelar pada hari Rabu, 1 Oktober 2014 di Ruang Bali Utara Grha Wonokoyo dan diikuti sekitar 40 orang peserta. Adapun para peserta datang dari Divisi kesehatan Hewan Standartisasi Mutu, Marketing Feed & DOC, Budidaya Internal, Mitra Unggas Sejati dan Breeding Farm.

PT Ceva mendatangkan langsung Bapak Tony Unandar sebagai pembicara seminar.  Bapak yang dikenal sebagai privat konsultan di bidang perunggasan ini menjelaskan tentang bahaya sejumlah radikal bebas dan dampaknya di ayam. Stres oksidatif (Cekaman oksidatif) yaitu kondisi munculnya radikal bebas yang berlebihan dapat disebabkan antara lain oleh suhu lingkungan yang tinggi. Radikal bebas ini menimbulkan peroksidasi lemak membran terutama asam lemak tidak jenuh (ALTJ), sehingga memudahkan masuknya radikal bebas eksogen ke dalam sel serta meningkatnya keganasan dari radikal bebas endogen yang dapat menyerang DNA dan protein.

Tim dari PT. Ceva terdiri dari 4 orang salah satu diantaranya adalah Bapak Edi Purwoko selaku Country Manager dan Ibu Soesilawati selaku Strategic Account Manager. Ibu Soesilawati yang pernah menempuh studi di FKH Unair ini memberikan presentasinya tentang penyakit gumboro yang kasusnya masih sering ditemukan di peternakan ayam. Beliau juga sekaligus menerangkan solusi apa saja yang dapat dilakukan ketika terjadi outbreak gumboro di lapangan.